April 21, 2021

Memilih Supplier Terpercaya demi Bisnis Anda

Naiknya permintaan pasar terhadap barang tentu menjadi peluang bagi para supplier. Supplier adalah pihak yang bertugas untuk memasok bahan mentah kepada pihak lain, yang biasanya perusahaan, agar bisa diolah menjadi barang jadi.

Supplier berbeda dengan distributor. Banyak orang yang salah kaprah terhadap dua konsep ini. Berbeda dengan supplier yang memasok bahan mentah, distributor bertugas menyalurkan barang jadi dari suatu perusahaan kepada konsumen langsung.

https://happyplayindonesia.com/

Maraknya kebutuhan taman bermain untuk industri membuat profesi sebagai supplier playground cukup diminati. Anda sebagai produsen playground maupun mainan anak-anak harus pintar dalam memilih bahan baku yang disediakan oleh pemasok. Ini tentu untuk menghindari kerugian di masa mendatang.

Berikut ini kami rangkum bagaimana cara memilih supplier terpercaya agar barang yang Anda produksi berkualitas optimal.

  1. Kualitas nomor 1

Sebagai produsen, Anda harus jeli dalam mengetahui kualitas bahan baku yang diberikan. Supplier bertugas untuk menjual barang. Oleh karena itu, jangan mudah tergoda dengan perkataan supplier. Cek sendiri bagaimana bahan baku yang dibawa. Bagi anda produsen playground, cek plastik maupun kayu yang diberikan. Apakah tahan banting dan tahan suhu.

  1. Rekam jejak baik

Poin penting dalam memilih pemasok adalah tidak tergesa-gesa. Ambil waktu secukupnya untuk mempelajari rekam jejak dari pemasok. Apabila anda mencari supplier playground, pelajari rekam jejak pihak tersebut selama ini. Bagaimana tingkat kepuasan pelanggan, bagaimana kualitas barang yang dijual, dan sejenisnya. Jangan sungkan untuk bertanya karena hal tersebut merupakan hak Anda sebagai calon konsumen untuk mengetahui rekam jejak pemasok.

  1. Contoh produk

Pemasok biasanya mengirim contoh produk secara gratis untuk meyakinkan Anda. Namun jika tidak, Anda dapat meminta contoh produk maupun membeli 1 produk agar dapat dipelajari lebih lanjut di tempat lain dalam kurun waktu tertentu. Anda tidak mau kan mendapat barang yang bagus hanya di hari pertama?

  1. Kebijakan

Kebijakan pemasok merupakan hal yang perlu Anda pelajari. Tiap pemasok memiliki cara tersendiri dalam melaksanakan pembelian, penjualan, layanan keluhan, dan lain sebagainya. Dalam banyak contoh, produk cacat yang hanya tergores dapat dikembalikan ke Pemasok A. Namun Pemasok B tidak bisa mengembalikan. Anda harus jeli dalam mempelajari kebijakan pemasok.

Itulah ke-4 cara untuk memilih pemasok, termasuk supplier playground, demi kemajuan bisnis Anda ke depan. Semoga bisnis Anda lancar. Salam Sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *